Sutra Hati
Pada saat Avalokitesvara Bodhisattva sedang bermeditasi pada Kebijaksanaan Sempurna, ia mendapati bahwa semua lima kelompok kehidupan adalah kosong. Hingga akhirnya ia berhasil mengakhiri semua penderitaan.
Sariputra, bentuk tidak berbeda dengan kekosongan, kekosongan juga tidak berbeda dengan bentuk. Bentuk adalah kekosongan, kekosongan juga adalah bentuk. Demikian juga halnya dengan perasaan, pencerapan, pikiran dan kesadaran.
Sariputra, semua dharma adalah kekosongan. Tidak berawal dan tidak berakhir, tidak kotor dan tidak suci, tidak bertambah dan tidak berkurang.
Sariputra, kekosongan adalah tiada bentuk, tiada perasaan, tiada pencerapan, tiada pikiran dan tiada kesadaran. Tiada mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran. Tiada bentuk, suara, aroma, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran.
Tiada dunia penglihatan, dan juga tiada dunia kegelapan. Tiada kebodohan, dan tiada akhir kebodohan. Tiada juga usia tua dan kematian, hingga tiada akhir usia tua dan kematian. Tiada penderitaan, asal mula penderitaan, sumber penderitaan, maupun jalan mengakhiri penderitaan. Tiada kebijaksanaan, dan juga tiada yang didapat.
Karena tidak ada yang dapat dicapai akhirnya tercapailah jalan keBodhisattvaan tanpa ada lagi rintangan dalam pikiran. Tanpa adanya rintangan maka tiada lagi rasa takut serta tiada rintangan mencapai kesempurnaan. Selamanya tidak terpuruk dalam khayalan dan mencapai Nibbana Sempurna.
Buddha dari tiga masa (masa yang lampau, masa sekarang, dan masa mendatang) dengan mempraktekkan Prajna Paramita mencapai kebuddhaan pada tinggat yang tiada bandingan. Karenanya diketahuilah bahwa mantra Prajna Paramita adalah mantra pengetahuan teragung, mantra yang tak tertandingi, mantra tertinggi, mantra yang dapat melenyapkan semua penderitaan, yang tiada cacat dan harus dipahami sebagai kebenaran.
Ucapkanlah mantra Prajna Paramita ini;
Gate Gate Para Gate Parasamgate Bodhi Svaha.
Prajnaparamita Hrdaya Sutra
Arya Avalokitesvara Bodhisattva gambhiram prajnaparamita caryam caramano, vyavalokayati sma panca skandha asatta sca svabhava sunmyam pasyati sma.
Iha, Sariputra, rupam suntayam, sunyata iva rupam. Rupa na vrtta sunyata, sunyataya na vrtta sa rupam. Yad rupam sa sunyata, ya sunyata sa rupam. Ivam iva vedana, samjna, samskara, vijnanam.
Iha, Sariputra, sarva dharma sunyata laksana. Anutpanna, aniruddha. Amala, avimala. Anuna, aparipurna.
Tasmat, Sariputra, sunyatayam na rupam, na vedana, na samjna, na samskara, na vijnanam. Na caksu, srota, ghrana, jihva, kaya, manasa. Na rupam, sabda, gandha, rasa, sparstavya, dharma. Na caksurdhatu, yavat na manovijnanamdhatu. Na avidya, na avidya ksyao. Yavat na jaramaranam, na jaramarana ksayo. Na dukkha, samudaya, nirodha, marga. Na jnanam, na prapti, na abhisamaya.
Tasmat na prapti tva Bodhisattvanam prajanparamita asritya haratya citta avarana, citta avarana na shitva na trasto, vi pariyasa atikranta nistha nirvanam.
Triadhva vyavashita sarva Buddha prajnaparamita asirtya anuttara samyak sambodhi abhi sambuddha.
Tasmat jnatavyam prajnaparamita maha mantra, maha vidya mantra, anuttara mantra, asama samati mantra. Sarva dukkha prasamana satyam amithyatva.
Pranjapaaramita mukha mantra tadyata;
Gate Gate Para Gate Parasamgate Bodhi Svaha